Tips Memilih Konten Media Sosial Yang Efektif

Admin02 Dec 2022

Konten muncul dengan beragam ide dan desain yang menarik. Ada banyak jenis konten media sosial yang dapat ditemukan saat ini, mulai konten visual, konten audio, audio visual, infografis, dan masih banyak lagi. Setiap konten tentunya memiliki kekuatan masing-masing untuk menarik perhatian audiens.

Namun saking banyaknya jenis konten tersebut, seringkali membuat kita bingung memilih konten media sosial yang efektif. Konten yang efektif adalah konten yang berjalan sesuai dengan tujuan. Misalnya, konten untuk menarik perhatian pembeli. Jika berhasil meningkatkan interaksi dan mendatangkan banyak pembeli, maka konten itu dapat dikatakan efektif.

Tentu saja membuat konten media sosial yang efektif bukanlah hal mudah. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam membuat konten yang menarik. Anda dapat mengikuti tips memilih konten media sosial yang efektif, berikut ini.

1. Melakukan Riset Konten

Riset adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih konten media sosial yang efektif. Dengan riset terlebih dulu, Anda dapat menemukan ide konten yang menarik. Konten apa saja yang sedang tren saat ini, konten video atau konten grafis atau lainnya. Semua hal itu dapat diketahui dari hasil riset. Jangan lupa juga untuk memantau konten dari kompetitor sebagai bahan perbandingan. Selanjutnya, hasil riset itu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Jadi lakukan riset konten dengan teliti sehingga menghasilkan konten yang berkualitas.

2. Riset Keyword

Keyword yang pas dapat mengundang audiens secara tepat. Sehingga penting dilakukan riset keyword terlebih dulu. Anda dapat menggunakan berbagai macam tools untuk riset keyword, seperti SEMrush, Ahrefs, Ubbersuggest, dan masih banyak lainnya. Anda dapat mengumpulkan kata kunci yang dihasilkan dari ide konten. Setelah itu, riset satu per satu sampai menemukan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan tujuan Anda.

3. Memilih Sumber Informasi Akurat

Tersedia banyak sumber informasi yang dapat Anda gunakan dalam membuat konten. Hanya saja, sumber informasi tersebut tidak boleh asal comot begitu saja. Anda perlu menyaringnya secara tepat. Pilihlah informasi yang akurat dari sumber yang memiliki kredibilitas tinggi. Sehingga bukan hoax, Anda dapat menyajikan konten yang terpercaya. Ini dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pembuat konten di mata audiens.

4. Mencari Angle Unik

Yang membedakan satu konten dengan konten lainnya adalah angle atau sudut pandang yang diambil. Konten yang orisinil pastinya mampu menyajikan angle yang unik dibandingkan lainnya sehingga mampu menarik perhatian audiens. Anda dapat melakukan riset kompetitor terlebih dulu. Selanjutnya, Anda dapat membuat konten dengan menonjolkan sisi yang berbeda dari konten milik kompetitor.

5. Mengemas Konten Menarik

Penyajian yang menarik adalah penyajian konten yang dilakukan dua arah. Artinya, tercipta komunikasi dua arah antar pembuat konten dan audiens. Saat ini, tersedia banyak fitur yang mampu membantu Anda dalam menyajikan konten interaktif. Misalnya, membuat konten pertanyaan dengan tujuan audiens meresponnya. Jadi muncul komunikasi dua arah. Dengan pengemasan konten yang menarik, audiens pastinya tidak cepat bosan dan stay di konten milik Anda.

Itulah tips memilih konten media sosial yang efektif. Pastikan konsisten membuat konten yang orisinil. Kini Anda tak perlu khawatir lagi karena ada HARTS yang siap membantu Anda dalam membuat konten-konten yang mampu menarik perhatian audiens. Hubungi kami segera!